Pages


Kamis, 20 Juni 2013

PERTANIAN DI NEGARA VIETNAM

EKONOMI PEMBANGUNAN PERTANIAN
PERTANIAN DI NEGARA VIETNAM



 





Oleh :
Susi Susanti                :           115040100111024
Vincensius Teguh       :           115040100111038
PROGAM STUDI AGRIBISNIS
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG
2013

Pengelolaan pertanian di Vietnam sudah  menjadi agroindustri . Kebijakan Pemerintah Vietnam terhadap pembangunan pertaniansenantiasa terfokus sehingga pertanian bisa menjadi basic atau penyanggaperekonomian nasional. Mulai dari pengadaan pupuk, pembangunan infrastruktur seperti irigasi, proteksi hasil pertanian hingga memperhatikan nasib petani dan lainnya sangat diperhatikan pemerintah atau singkat katakebijakan dari hulu hingga ke hilir terselenggara secara konsisten.
Tidak ada kebijakan yang bersifat parsial, berkutat di teori namun Pemerintah Vietnam lebih terfokus mengatasi berbagai persoalan pertanian di negerinya. Hasilnya, pertanian tumbuh pesat dan nama Vietnam menjadi salah satu negara penghasil beras yang sangat diperhitungkan dalam duniaperdagangan internasional.
Itu sebagai pembanding, bagaimana pemerintah Indonesia bisa mencontoh pola pembangunan pertanian di negara yang sebenarnya terbilang kalahpengalaman dari segala hal dibandingkan Indonesia. Tidak ada maksud untuk mengecilkan peran pemerintah terutama Departemen Pertanian yangtelah gigih berupaya membangun sektor pertanian terutama untuk mengembalikan kejayaan swasembada beras di masa lalu namun banyak hal yang dilakukan Pemerintah Vietnam patut dicontoh.
Kembali berbicara pembangunan pertanian di Vietnam. Hal lain yang menonjol adalah tingginya etos kerja petani Vietnam. Jelas, simbiosis yang sangat menguntungkan karena kombinasi antara kebijakan pemerintah yang terfokus dan didukung tingginya etos kerja tersebut kian mempermudah grand design Pemerintah Vietnam untuk menjadikan jualan utama negara itu sebagai industri agraris. Wajar, kalau dalam beberapa tahun terakhir ternyata beras Vietnam selain mampu memenuhi kebutuhan domestik juga telah melakukan ekspor bahkan terkesan merajai ataumendominasi ke banyak negara termasuk Indonesia.
Kalau dulu negara di Asia terutama Asia Tenggara akan keberadaanIndonesia yang mampu melakukan swasembada beras dan ekspor ke banyak Negara, kini bendera kebanggaan itu beralih ke Vietnam. Bahkan, banyak negara memuji manuver Vietnam yang mampu mengangkatpertanian sebagai komoditas utama itu secara tidak langsung telah mensejajarkan diri dengan negara industri raksasa seperti Jepang, Korea hingga negara maju Eropa lainnya.
Dalam kerangka Forum Ekonomi Dunia ke -42 yang sedang berlangsung di kota Davos, Swiss, pada sidang spesialis tentang penggelaran “Visi baru dalam pertanian” yang diadakan pada akhir pekan lalu, Vietnam telah dikemukakan sebagai satu tipikal yang menonjol dalam mendorong pengembangan pertanian di kalangan negara-negara sedang berkembang. Tercapainya hasil ini adalah karena  kebijakan yang tepat dari Partai Komunis dan Negara Vietnam terhadap pertanian dan pedesaa
Sejak Kongres Nasional ke-6 Partai Komunis Vietnam tahun 1986, pertanian telah ditetapkan sebagai satu front ekonomi utama. Partai Komunis dan Pemerintah Vietnam selalu memperhatikan pengembangan pertanian dan pedesaan, menganggap ini sebagai satu bidang yang strategis terhadap perkembangan sosial-ekonomi Tanah Air. Oleh karena itu, pertanian dan pedesaan Vietnam telah mengalami kemajuan-kemajuan yang kuat. Produksi pangan telah meningkat 2,5 kali lipat terbanding dengan tahun 1985. Produksi daging meningkat 5 kali lipat, hasil perikanan meningkat 6 kali lipat, taraf peliputan hutan meningkat 3 kali lipat. Pertanian telah tidak hanya  mencukupi bahan pangan dan makanan untuk  penduduk di dalam negeri, tetapi juga berhasil mengekspor sejumlah besar hasil pertanian, kehutanan dan perikanan. Khususnya ialah kebijakan menyampaikan hak kemandirian melakukan bisnis yang ditetapkan pada Kongres Nasional ke-10 Partai Komunis Vietnam telah mengizinkan kaum tani mendekati tanah dan sumber-sumber daya alam lainnya seperti hutan, laut, permukaan air, ditambah lagi ialah kebijakan liberalirasi perdagangan dan investasi telah menciptakan tenaga pendorong yang segungguhnya terhadap pertanian barang dagangan. Dari mengalami kelaparan dan krisis bahan pangan, Vietnam telah maju menjadi negara kedua di dunia tentang ekspor beras.
Menurut Dang Kim Son, Kepala Institut Kebijakan dari Kementerian Pertanian dan Pengembangan Pedesaan Vietnam, berkat adanya mekanisme pasar, ekonomi Vietnam pada umumnya dan ekonomi pertanian dan pedesaan pada khususnya telah mengalami perubahan yang penting. Kestabilan politik dan sosial pada latar belakang dunia mengalami banyak gejolak juga diciptakan dari laju pengentasan dari kemiskinan secara teratur dua persen yang dicapai selama puluhan tahun terus-menerus, diantaranya, pertanian dan pengembangan pedesaan memainkan peranan yang penting. Justru pertanian telah menciptakan sebagian besar lapangan kerja dan pendapatan kepada kaum tani, khususnya di daerah pedalaman, daerah pelosok dan daerah pemukiman rakyat etnis minoritas. 
Bersama dengan kebijakan-kebijakan pembaruan kuat terhadap perekonomian, di bidang pertanian, Partai Komunis dan Negara selalu memberikan pengarahan yang tepat dalam mengembangkan zona-zona ekonomi titik berat. Untuk melaksanakan kebijakan menggeserkan areal hutan  ke penanaman pohon bahan industri yang punya nilai tinggi, semua daerah telah melakukan survey, perancangan, menyusun ratusan proyek untuk memindah  tanah kehutanan,  hutan miskin ke tanah untuk menanam  pohon bahan industri yang mempunyai nilai tinggi, turut memecahkan masalah lapangan kerja yang stabil, meningkatkan pendapatan untuk jutaan pekerja, terutama  para pekerja rakyat etnis minoritas di tempat.        
Karena sudah semakin menyedari dengan jelas akan peranan penting dari  ekonomi pertanian, daerah pedesaan dan tuntutan perkembangan manusia di daerah-daerah ini, maka pada tahun 2008, Partai Komunis telah mengeluarkan Resolusi 26 tentang pertanian, kaum tani dan pedesaan. Program percontohan pola pedesaan baru  telah digelarkan sejak tahun 2009 di 11 kecamatan percontohan, yang mewakili semua daerah  di seluruh negeri, dengan target menguji semua metode, cara bertindak, mekanisme dan kebijakan. Sampai sekarang, program percontohan telah mencapai kemenangan permulaan  dan mencapai hasil yang penting. Di atas dasar membangun pedesaan baru, menggelarkan Resolusi 26 selama beberapa tahun ini, Vietnam telah membuat program Target Nasional tentang pembangunan pedesaan baru tahap 2010-2020, yang menurut itu berusaha sampai tahun 2015, di seluruh negeri, akan ada 20 persen kecamatan yang mencapai  patokan pedesaan baru. 
      
            Dari sukses yang didapat  dari pola ladang percontohan dengan areal seluas besar di propinsi An Giang (Vietnam Selatan), banyak propinsi dan kota di daerah dataran rendah sungai Mekong juga sedang menerapkan  dengan kuat pola ini, menciptakan konektivitas antara kaum tani dengan badan-badan usaha, menjanjikan mendatangkan efektivitas paling besar kepada perekonomian. 
 Untuk mengembangkan prestasi-prestasi yang sudah dicapai  selama lebih dari 25 tahun pelaksanaan pembaruan, pertanian Vietnam sedang terus menggelarkan dengan kuat kebijakan-kebijakan penting  supaya pertanian benar-benar berkembang sesuai dengan potensi dan sosok yang lebih besar lagi. Tidak hanya sebagai prajurit pembidas di front pembaruan, maka pertanian Vietnam sedang terus menegaskan peranan-nya sendiri sebagai serdadu utama di front industrialisasi dan modernisasi Tanah Air.
Pertanian entrepreneurship di Vietnam bisa menjadi magnet penyadarbagi negara agraris lainnya termasuk Indonesia. Memang, hingga saat ini negara tersebutmasih konsisten dengan paham komunis namun dalam melakukan pembangunan mereka telah mereformasi diri, membuka aksespasar yang terfokus pada market oriented dengan berlandaskan kapitalisme. Dan, yang menjadi catatan penting pengiringnya,pembangunan di segala bidang termasuk sektor petanian di Vietnam ternyata lepas dari intrik-intrik politik. Atau dengan kata lain, tidak ada politisasi pertanian.
Kita tentu mengharapkan pemerintah Indonesia kian konsisten dalammembenahi dan membangun sector pertanian. Secara teoritis, 12 kegiatan strategis Deptan atas persetujuan Komisi IV DPR seperti program penyediaan infrastruktur, penguatan lembaga ekonomi pertanian, stabilisasi harga komoditas primer dan lainnya sudah cukup bagus. Tinggal implementasi untuk mengubah dari potensi besar itu menjadi kenyataan yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan rakyat terutama kaum petani.
Ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama, pemerintah harus membuang sejauh mungkin atau paling tidak meminimalisasi kepentingan politis seperti mencari dukungan menjelang Pilkada atau sekadar menarik simpati rakyat dalam pembangunan sektor pertanian. Pembangunanpertanian harus terfokus , jangan terkesan parsial dan banyak ditunggangikepentingan politik yang bernuansa bisnis seperti tender pengadaan pupuk bahkan pembangunan infrastruktur seperti irigasi yang tidak transparan.
Kedua, goodwill pemerintah harus ditujukan ke goal oriented bukan target oriented. Kebijakan yang dijalankan harus benar-benar ditujukanuntuk mengangkat derajat petani sekaligus memajukan sektor pertanian.Peningkatan hasil (kuantitas) hendaknya juga diiringi denganterdongkraknya kualitas. Kekuatan potensial pertanian di Indonesia, mulai dari Sabang hingga ke Merauke harus menjadi kekuatan riril. Jika pembangunan sector pertanian telah terdokus atau terpadu, niscaya kejayaan untuk kembali menjadi swasembada beras itu akan kembali diraih. Setelah itu, baru kita berani bicara dengan upaya mensejajarkan diri dengan negara agraris lainnya yang telah menjadi agro industri pertanian seperti Vietnam. 
Berikut adalah beberapa komoditas pertanian di Negara Vietnam yang menjadi peranan penting perekonomian negara tersebut
1)      BERAS
Beras memainkan peran paling penting di antara komoditas-komoditas pertanian di Vietnam dalam hal keamanan pangan, lapangan kerja dan upah pedesaan, serta pendapatan ekspor. Beras ditanam di separuh tanah pertanian dan melibatkan hampir 80% populasi pertanian.
Vietnam merupakan salah satu eksportir beras terbesar di dunia. Pada tahun 2010, ekspor beras Vietnam mencapai rekor tertinggi dengan total volume ekspor beras mencapai 6 juta ton, tahun 2011 mencapai 6,8 juta ton. Sementara itu, dalam 9 (sembilan) bulan pertama 2012, Vietnam telah ekspor 6 juta ton beras senilai US$ 2,6 miliar, dan ditargetkan ekspor beras Vietnam hingga akhir tahun akan mencapai 7,1 juta ton dengan nilai USD 3,65 miliar. 
Vietnam merupakan negara nomor dua setelah Thailand sebagai eksportir beras terbesar. Importir utama beras Vietnam meliputi Indonesia, Filipina, Malaysia, Irak, Kuba dan Afrika

2)      KOPI
Kopi merupakan salah satu ekspor pertanian Vietnam yang paling penting. Vietnam sangat kompetitif sebagai produsen kopi karena kondisi lingkungan dan iklim yang ideal, biaya produksi yang rendah, dan hasil panennya merupakan salah satu yang tertinggi di dunia. Kopi merupakan komoditi ekspor yang cukup menjanjikan bagi Vietnam, yang memiliki lahan tanam kopi seluas 521.000 hektar dengan produksi rata-rata 1,2-1,5 juta ton per tahun.
Menurut sumber International Coffee Organisation (ICO),Vietnam telah mengambil alih posisi Brazil menjadi  eksportir kopi terbesar di dunia. Sejak bulan Januari – Juli 2012 Vietnam telah mengekspor 1,2 juta ton kopi atau senilai US$ 2,5 miliar.  Volume ekspor meningkat 31,6% dan nilainya naik 25,4%. Harga ekspor kopi robusta rata-rata mencapai US$ 2.154 per ton atau naik 2,57% dibanding tujuh bulan pertama tahun 2011. Pada tahun 2010, volume ekspor mencapai 1,173 juta ton (US$ 1,76 miliar); tahun 2011  mencapai 1,2 juta ton (US$ 2,7 miliar).
Vietnam Coffee and Cacao Association (VICOFA) mengatakan bahwa ekspor kopi Arabika telah meningkat pesat dari tahun ke tahun, dari 24.000 ton pada 2009 menjadi 41.000 ton pada 2010 dan 50.000 ton pada 2011. Harga ekspor naik hampir dua kali lipat, dari US$ 2.313 per ton pada 2009 menjadi US$ 4.261 per ton pada tahun 2011. Kopi Arabika disukai oleh konsumen dari  AS, Jerman, Jepang, Italia dan Belgia. 

Vietnam mengekspor biji kopi ke 90 negara, di mana 16 di antaranya mencakup 79% total ekspor biji kopi Vietnam. Dua pasar besar di Asia – Jepang dan Korea – juga merupakan pelanggan penting Vietnam. Pasar tetap di kalangan negara-negara Asia Tenggara adalah Filipina, Malaysia, dan baru-baru ini, Indonesia.
Jerman merupakan pelanggan terbesar Vietnam, Amerika Serikat merupakan pembeli terbesar kedua kopi hijau Vietnam (setelah Jerman) dan mencakup 16 persen total ekspor kopi hijau Vietnam. Vietnam juga mengekspor sejumlah kecil kopi panggang bubuk dan campuran kopi 3-in-1 ke Amerika Serikat.
Penjualan Vietnam tidak terbatas pada pasar utama di Eropa dan AS. Ia memiiki pasar yang beragam dan berkelanjutan,mengekspor ke negara-negara Amerika Latin, Timur Tengah, Afrika dan ASEAN.

3)      BUAH-BUAHAN & SAYURAN
                 Berkat keunggulan kondisi alam dan karakteristik iklim masing-masing wilayah yang menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi keanekaragaman buah-buahan dan sayuran, kedua jenis tanaman Vietnam ini telah mengalami pekembangan pesat. Ekspor Vietnam telah tumbuh dengan kuat sejak awal tahun 1990-an.
                 Ekspor utama produk buah-buahan dan sayuran negara ini meliputi buah-buahan kaleng, buah-buahan kering, gherkin (serupa dengan mentimun), buah naga, lengkeng, durian, anggur, serta sayuran segar dan kering.
Pada tahun 2004 hingga 2009, total pendapatan ekspor mendekati US$ 2 miliar, dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 20% per tahun. Pada tahun 2009, Vietnam mengekspor US$ 439 juta buah-buahan dan sayuran sedangkan pendapatan ekspor 6 bulan pertama mencapai US$ 222 juta, sebuah peningkatan sebesar 6% dibanding periode yang sama tahun lalu. (Sumber: Departemen Umum Bea Cukai Vietnam.)
Vietnam telah menetapkan target untuk mengekspor buah-buahan, sayuran dan bunga senilai US$ 760 juta pada tahun 2010, senilai US$ 600 juta pada tahun 2011. Ditargetkan akan mencapai US$ 1,2 miliar pada tahun 2020.
                 Baru-baru ini, berkat usaha terus-menerus eksportir yang menjelajahi pasar-pasar baru, buah-buahan dan sayuran Vietnam dijual di 50 negara. Sekitar 40% pendapatan ekspor diperoleh dari AS, Negeri Belanda, Rusia, Cina, Jepang, Taiwan, Jerman, Prancis, Inggris, Ukraina, Kanada, Korea Selatan, Singapura dan Thailand. Penjualan ke Cina, Rusia, Taiwan dan Jepang sangat besar.

4)   KARET
                 Vietnam, eksportir kelima terbesar karet alam, mengekspor 90% karetnya, salah satu ekspor pertanian paling penting Vietnam.
Pada tahun 2009, Vietnam menanam 640.000 hektar karet dan mengekspor 680.000 ton senilai US$ 1,2 miliar ke 70 pasar. Ekspor karet tahun 2010 mencapai 780.000 ton, senilai US$ 2,3 miliar, tahun 2011 mencapai 827.000 ton (US$ 3,2 miliar). Diperkirakan ekpor volume karet akan naik 14% menjadi 920.000 ton pada tahun 2012.
                 Hampir seluruh pasar ekspor untuk karet Vietnam mengalami pertumbuhan dramatis. Cina, pembeli terbesar karet Vietnam, menyumbang pendapatan sebesar US$ 378 juta, Jepang sebesar US$ 14 juta, dan AS menyumbang sebesar US$ 17 juta. Hal yang patut dicatat adalah di luar pasar  tradisional, Vietnam telah menarik pasar-pasar baru, termasuk Indonesia, Rusia, dan Ceko, yang paling baru Polandia juga telah membeli karet Vietnam.
Rencana pemerintah untuk Vietnam adalah menanam 800.000 hektar karet pada tahun 2020, mencapai output lateks sebesar 1,2 juta ton dan meraih nilai ekspor sebesar US$ 2 miliar.

5)   LADA
                 Vietnam, salah satu eksportir utama rempah-rempah, mengklaim 5% pangsa pasar dunia. Untuk lada hitam, tanaman paling penting bagi Vietnam di sektor ini, Vietnam telah menjadi eksportir terbesar nomor dua. Sektor lada Vietnam sangat berorientasi ekspor, di mana ekspor mencakup 95% produksi.
Pada tahun 2009, Vietnam mengekspor 134.264 ton lada, meraih total pendapatan ekspor sebesar US$ 348 juta, menciptakan rekor baru dalam volume ekspor dan nilai produk lada, melebihi tiga negara pengekspor lada besar yakni Indonesia (40.000 ton), Brazil (32.000 ton) dan India (22.000 ton).Pada tahun 2010, Vietnam mengekspor 116.000 ton (US$ 419.000); tahun 2011 mengekspor 120.000 (US$ 720.000 juta).
                 Menurut data Vietnam Pepper Association (VPA), dalam delapan bulan pertama tahun 2012 total nilai ekspor lada mengalami kenaikan 3,7% menjadi US$ 581 juta, sedangkan volume ekspor lada  mengalami penurunan 16,7% menjadi 83.000 ton dibanding periode yang sama tahun lalu. VNA memperkirakan total nilai ekspor lada Vietnam tahun 2012 akan mencapai sebesar US$ 780 juta  apabila harga lada tetap tinggi atau lebih dari US$ 7.000 per ton. Sedangkan total volume ekspor lada akan mencapai antara 110.000 - 115.000 ton. Saat ini Vietnam tercatat sebagai salah satu eksportir terbesar di pasar internasional, dimana Vietnam mampu memasok sekitar 40 – 50% dari seluruh ekspor lada global.
                 Tujuan utama lada Vietnam beralih dari negara-negara ASEAN pada tahun 1990-an menjadi AS, UE, dan Timur Tengah pada tahun 2000-an. AS tampil sebagai pembeli terbesar, diikuti oleh India, Negeri Belanda, Jerman, dan Arab Saudi. 

6)   KACANG METE
                 Kinerja ekspor Vietnam untuk kacang-kacangan selama beberapa tahun terakhir sangat mengesankan, terutama untuk kacang mete, yang saat ini merupakan kacang yang paling banyak diekspor, diikuti oleh kacang tanah.
Vietnam terus menunjukkan pertumbuhan ekspor yang cepat selama beberapa tahun terakhir, merebut pangsa pasar dari para kompetitor utamanya – India dan Brazil.
                 Vietnam terus membangun kapasitas pengolahannya; alhasil, ia telah beralih dari eksportir kacang mete mentah menjadi kacang mete olahan.
Nilai ekspor Vietnam untuk kacang mete berjumlah US$ 1,136 miliar pada tahun 2010, menjadikan kacang mete sebagai salah satu ekspor pertanian paling penting setelah beras, kopi dan karet. Pada tahun 2011, nilai ekspor mencapai US$ 1,4 miliar.
                 Kacang mete Vietnam telah diperkenalkan ke sekitar 30 negara di seluruh dunia, di mana AS menjadi pasar terbesar. AS mencakup 29% dari total ekspor, diikuti oleh Cina, Negeri Belanda, Australia, Inggris dan Kanada.



DAFTAR PUSTAKA

Anonymousa.2013.Pertanian Entrepreneurshio di Vietnam. http://mukhtarudin.blogspot.com/2008/06/pertanian-entrepreneurship-di-vietnam.html di akses pada 2 Mei 2013

Anonymousb..2013.Menegaskan Peranan Pertanian dalam Pereekonomian Vietnam. http://vovworld.vn/id-id/Ulasan-Berita/Menegaskan-peranan-pertanian-dalam-perekonomian-Vietnam/66471.vov di akses pada 2 Mei 2013


Anonymousc.2013.Pertanian dan Perikanan. http://www.informasi-vietnam.com/2012/10/pertanian-perikanan.html di akses pada 2 Mei 2013

17 komentar:

Nurdiyanto Alphin mengatakan...

blognya ok, isinya mantap..semoga pertanian di Indonesia semakin sukses dan maju..

DUŠKA ALŽBĚTA mengatakan...

Saya akan sangat merekomendasikan layanan pendanaan meridian Le_ kepada siapa saja yang membutuhkan bantuan keuangan dan mereka akan membuat Anda tetap di atas direktori tinggi untuk kebutuhan lebih lanjut. Sekali lagi saya memuji diri sendiri dan staf Anda untuk layanan luar biasa dan layanan pelanggan, karena ini merupakan aset besar bagi perusahaan Anda dan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan seperti saya. Semoga Anda mendapatkan yang terbaik untuk masa depan. Layanan pendanaan meridian adalah cara terbaik untuk mendapatkan pinjaman yang mudah, di sini ada email .. lfdsloans@lemeridianfds.com Atau bicaralah dengan Bpk. Benjamin Di WhatsApp Via_. 1-989-394-3740
Terima kasih telah membantu saya dengan pinjaman sekali lagi dalam hati yang tulus, saya selamanya berterima kasih.

josephine jumawan caballo mengatakan...

Halo semuanya
Nama saya JOSEPHINE JUMAWAN CABALLO, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin berterima kasih kepada ibu yang baik KARINA ROLAND karena telah membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berutang bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia teman saya memanggil susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Mrs. KARINA ROLAND LOAN COMPANY, jadi saya terpaksa menghubungi Susan Ramirez dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Mrs. KARINA ROLAND bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya dipaksa untuk bersikap berani dan saya menghubungi Mrs. KARINA ROLAND dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan diteruskan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang kerja yang baik dari Ny. KARINA ROLAND jadi saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Mrs. KARINA ROLAND LOAN COMPANY: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478 dan saya menjamin Anda bahwa Anda akan memberikan informasi seperti yang saya miliki selesai dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mrs.karina Roland email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu KARINA ROLAND untuk mengubah kehidupan finansial saya.

josephine jumawan caballo mengatakan...

Hai semua
Nama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu yang baik karina roland kerana membantu saya mendapat pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman dalam talian palsu yang menipu saya untuk mendapatkan wang tanpa memberikan pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulakan perniagaan saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan syarikat palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya. dan saya sangat kecewa kerana saya kehilangan semua wang saya kepada sebuah syarikat palsu di dubai, kerana saya berhutang dengan bank saya dan rakan-rakan saya dan saya tidak mempunyai apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia kawan saya memanggil susan Ramirez setelah membaca keterangannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman daripada Puan karina roland, jadi saya terpaksa menghubungi Susan Ramirez dan dia memberitahu saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Puan karina roland bahawa dia adalah ibu yang baik dan saya terpaksa menaruh hati dan saya menghubungi Puan karina roland dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan dilewati dan dalam masa 6 jam pinjaman saya dipindahkan ke akaun saya dan saya sangat terkejut bahawa ini adalah keajaiban dan saya harus memberi maklumat mengenai kerja baik Puan karina roland jadi saya menasihati semua orang yang memerlukan pinjaman untuk menghubungi e-mel Puan karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp sahaja +15857083478 dan saya jamin anda bahawa anda akan memberikan maklumat seperti yang telah saya lakukan dan anda juga boleh menghubungi saya untuk maklumat lebih lanjut soal Mrs.karina Rola dan e-mel saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mengasihi ibu karina roland untuk mengubah kehidupan kewangan saya.

Angga Annisa mengatakan...

Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

Contact Details:

e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
WhatsApp:::+6282274045059
Company::Iskandar Lenders"""""
Loan Amount:::Rp.700juta
Name:::::Angga Annisa
Country::::Indonesia
Occupation:Trader
Year:April,2020

Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

Mohammad Ismali mengatakan...

kesaksian nyata dan kabar baik !!!

Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY mengatakan...

Apakah Anda sedang mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek yang Anda inginkan? Di KARINA ROLAND LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, tingkat bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan nasihat keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang bagus atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan pinjaman untuk membiayainya segera, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

Hubungi KARINA ROLAND LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang apa pun yang Anda inginkan.

Kategori Bisnis

Bisnis Merchandising.
Bisnis manufaktur
Bisnis Hibrida.
Kepemilikan tunggal
Kemitraan.
Perusahaan.
Perseroan terbatas.
pinjaman pribadi.
pinjaman investasi.
Pinjaman Hutang.
Pinjaman Rumah.
Pinjaman hipotek
Laons otomatis.
Pinjaman mahasiswa.
Pinjaman gaji.
Pinjaman Islam.
Pinjaman pertanian.
Pinjaman gereja.

PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
Email: karinarolandloancompany @ gmail com
WhatsApp hanya +1 (585) 708-3478.
Nama Facebook: Elena karina Roland
instagram: karina roland

SURYANTO SURYANTO mengatakan...

Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

 Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

JAYACHANDRA FADHLAN mengatakan...

Penguji ..... jayachandra fadhlan
Negara ...... Bahasa Indonesia
W / S ......... + 62821-3272-6591
Facebook ..... jayachandra fadhlan
email ...... (jayachandrafadhlan@gmail.com)

Nama saya jayachandra fadhlan,
dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang agar berhati-hati mendapatkan pinjaman di internet, ada begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk mempercayai orang. Terima kasih atas hasil kerja keras Anda, saya meminta pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak dapat pinjaman dan bisnis saya tentang menjadi buruk karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan peminjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan tersebut adalah PERUSAHAAN PINJAMAN EKSPOTIK. Saya kehilangan 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya ajukan. Teman baik saya yang disetujui oleh pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana MRS. KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya meminta pinjaman Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai meminta persetujuan saya, pinjaman yang disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya diperbolehkan, dan diizinkan ini membuat saya kehilangan uang, tapi saya tertegun. Saat saya mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam dengan bunga 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. membahas tentang mode perusahaan. Jadi saya membutuhkan setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau lainnya untuk membeli MRS. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 .... Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda meminta informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) atau whatsapp + 62 821-3272-6591, Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan kemakmuran.

Perusahaan ..... Karina Elena Roland perusahaan pinjaman
W / S .......... + 1 (585) -708-3478
Facebook .... Elena karina Roland
email ......... (karinarolandloancompany@gmail.com)

Rizky Indah mengatakan...

LEMBAGA KEUANGAN INI BERADA PADA KEBAKARAN

TINGKATKAN FILE FINANSIAL ANDA

Saya Rizky Indah dan penduduk asli Indonesia dan saya di sini untuk memberi tahu Anda tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dari pemberi pinjaman terpercaya ONE BILLION RISING FUND


         KONTAK PERUSAHAAN
NAMA PERUSAHAAN: ONE BILLION RISING FUND
GMAIL PERUSAHAAN: onebillionrisingfund@gmail.com
NOMOR TEL: +1 267 526 5352
NOMOR WHATSAPP: +1 267 526 5352


Dalam pandemi ini hidup menjadi lebih sulit bagi saya dan keluarga saya dan pekerjaan saya hancur oleh pandemi Covid 19 ini dan Hidup nyaman adalah dambaan semua orang dan saya menginginkan yang terbaik untuk keluarga saya jadi saya memutuskan untuk meminjamkan uang dari bank dan bank mengubah saya turun berkali-kali sampai teman saya yang mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND memperkenalkan pemberi pinjaman kepada saya dan meyakinkan saya bahwa mereka dapat membantu saya secara finansial, saya sangat percaya kepada mereka karena teman saya baru saja mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND jadi saya mendaftar dan mereka membawa saya melalui proses mereka yang memakan waktu beberapa hari dan yang paling mengejutkan saya, akun saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman
Pengalaman yang saya dapatkan dari ONE BILLION RISING FUND ini telah mengubah hidup saya menjadi lebih baik dan sekarang saya memiliki perusahaan keramik
Jika Anda tahu Anda membutuhkan pinjaman, saya akan menyarankan Anda menghubungi perusahaan keuangan dan saya sangat yakin bahwa mereka dapat membantu Anda dengan pinjaman


Harap perhatikan pemberi pinjaman yang Anda hubungi secara online karena sebagian besar pemberi pinjaman keuangan online palsu dan mereka akan membuat hidup Anda lebih sulit dan mereka tidak berniat baik untuk membantu Anda karena mereka adalah penipu yang ingin mencari nafkah dari Anda.

                              KONTAK SAYA
Nama Saya ::: Rizky Indah
Email :: indahrizky490@gmail.com
Jumlah Pinjaman ::: $ 30.000.00
WA saya ::: + 62858 8161 8874

BIJAKLAH

Rizky Indah mengatakan...

LEMBAGA KEUANGAN INI BERADA PADA KEBAKARAN

TINGKATKAN FILE FINANSIAL ANDA

Saya Rizky Indah dan penduduk asli Indonesia dan saya di sini untuk memberi tahu Anda tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dari pemberi pinjaman terpercaya ONE BILLION RISING FUND


         KONTAK PERUSAHAAN
NAMA PERUSAHAAN: ONE BILLION RISING FUND
GMAIL PERUSAHAAN: onebillionrisingfund@gmail.com
NOMOR TEL: +1 267 526 5352
NOMOR WHATSAPP: +1 267 526 5352


Dalam pandemi ini hidup menjadi lebih sulit bagi saya dan keluarga saya dan pekerjaan saya hancur oleh pandemi Covid 19 ini dan Hidup nyaman adalah dambaan semua orang dan saya menginginkan yang terbaik untuk keluarga saya jadi saya memutuskan untuk meminjamkan uang dari bank dan bank mengubah saya turun berkali-kali sampai teman saya yang mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND memperkenalkan pemberi pinjaman kepada saya dan meyakinkan saya bahwa mereka dapat membantu saya secara finansial, saya sangat percaya kepada mereka karena teman saya baru saja mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND jadi saya mendaftar dan mereka membawa saya melalui proses mereka yang memakan waktu beberapa hari dan yang paling mengejutkan saya, akun saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman
Pengalaman yang saya dapatkan dari ONE BILLION RISING FUND ini telah mengubah hidup saya menjadi lebih baik dan sekarang saya memiliki perusahaan keramik
Jika Anda tahu Anda membutuhkan pinjaman, saya akan menyarankan Anda menghubungi perusahaan keuangan dan saya sangat yakin bahwa mereka dapat membantu Anda dengan pinjaman


Harap perhatikan pemberi pinjaman yang Anda hubungi secara online karena sebagian besar pemberi pinjaman keuangan online palsu dan mereka akan membuat hidup Anda lebih sulit dan mereka tidak berniat baik untuk membantu Anda karena mereka adalah penipu yang ingin mencari nafkah dari Anda.

                              KONTAK SAYA
Nama Saya ::: Rizky Indah
Email :: indahrizky490@gmail.com
Jumlah Pinjaman ::: $ 30.000.00
WA saya ::: + 62858 8161 8874

BIJAKLAH

Budiwati permata mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan para pencari pinjaman agar berhati-hati, karena ada penipuan dimana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan berjanji ini dan itu, para penganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan kembali bisnis saya, saya dibodohi oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik agar masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

dan oleh kasih karunia Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan bercerita tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

Yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke rekening ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, Nomor What'sApp +15614916019 Atau +13108626660

mohon bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

Nama saya Budiwati Permata
Pinjaman saya 800 juta
perusahaan investasi pinjaman christael Missan
Instagram: Christabel Missan
email: christabelloancompany@gmail.com
Nomor Whatsapp +15614916019 dan Anda juga dapat menghubungi ibu melalui nomor ini +13108626660

Budiwati permata mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan para pencari pinjaman agar berhati-hati, karena ada penipuan dimana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan berjanji ini dan itu, para penganggur, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan kembali bisnis saya, saya dibodohi oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik agar masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

dan oleh kasih karunia Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: permatabudiwati@gmail.com
dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan bercerita tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

Yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirim langsung ke rekening ibu Christabel. Anda masih dapat menghubungi ibu yang baik, Nomor What'sApp +15614916019 Atau +13108626660

mohon bijak dan semoga Allah membimbing kita semua

Nama saya Budiwati Permata
Pinjaman saya 800 juta
perusahaan investasi pinjaman christael Missan
Instagram: Christabel Missan
email: christabelloancompany@gmail.com
Nomor Whatsapp +15614916019 dan Anda juga dapat menghubungi ibu melalui nomor ini +13108626660

Angga Annisa mengatakan...

Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

Contact Details:

e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
WhatsApp:::+6282274045059
Company::Iskandar Lenders"""""
Loan Amount:::Rp.700juta
Name:::::Angga Annisa
Country::::Indonesia
Occupation:Trader
Year:April,2020

Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

Nita Mahyuddin mengatakan...

KABAR BAIK KABAR BAIK

Hai semuanya, Nama saya Nita Mahyuddin dan saya berbicara sebagai orang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya dipukul secara finansial tanpa harapan bantuan apa pun tetapi ceritanya akan berubah ketika saya bertemu Ibu. Saya sangat senang mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman 800 miliar untuk memulai hidup saya karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia sepertinya bergantung pada saya sampai Alleh mengirim saya ke perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Allah, PERUSAHAAN INVESTASI PINJAMAN CHRISTABEL MISSAN, mereka adalah Juru Selamat Alleh dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai Saya mendapat pinjaman sebesar Rp800 miliar dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Christabel Missan melalui email:::christabelloancompany@gmail.com [christabelloancompany@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati

Rincian kontak:
Alamat::::::::::::::::::::::::::::::nitamauyadin@gmail.com
Nomor WhatsApp ::::::::::+6289685078914
Perusahaan::::::::::::::::::::::::::::Christabel Missan
whatsAPP ibu::::::::::::+13108626660::::+15614916019
Jumlah Pinjaman:::::::::::::::::::::800 miliar
Negara:::::::::::::::::::::::::::::::Indonesia
Pekerjaan::::::::::::::::::::::::::Pedagang

Nita Mahyuddin mengatakan...

KABAR BAIK KABAR BAIK

Hai semuanya, Nama saya Nita Mahyuddin dan saya berbicara sebagai orang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya dipukul secara finansial tanpa harapan bantuan apa pun tetapi ceritanya akan berubah ketika saya bertemu Ibu. Saya sangat senang mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman 800 miliar untuk memulai hidup saya karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia sepertinya bergantung pada saya sampai Alleh mengirim saya ke perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Allah, PERUSAHAAN INVESTASI PINJAMAN CHRISTABEL MISSAN, mereka adalah Juru Selamat Alleh dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai Saya mendapat pinjaman sebesar Rp800 miliar dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Christabel Missan melalui email:::christabelloancompany@gmail.com [christabelloancompany@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati

Rincian kontak:
Alamat::::::::::::::::::::::::::::::nitamauyadin@gmail.com
Nomor WhatsApp ::::::::::+6289685078914
Perusahaan::::::::::::::::::::::::::::Christabel Missan
whatsAPP ibu::::::::::::+13108626660::::+15614916019
Jumlah Pinjaman:::::::::::::::::::::800 miliar
Negara:::::::::::::::::::::::::::::::Indonesia
Pekerjaan::::::::::::::::::::::::::Pedagang

Budiwati permata mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Budiwati Permata, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk berhati-hati, karena penipuan ada di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan berjanji ini dan itu, pengangguran, saya sarankan Anda semua harus berhati-hatilah

beberapa bulan yang lalu, saya tertekan secara finansial dan sangat membutuhkan pinjaman untuk mendapatkan kembali bisnis saya, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir putus asa sampai Tuhan menggunakan teman saya Dian Pelangi yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Christabel's Missan, seorang ibu yang baik, yang meminjamkan saya pinjaman 800 juta tanpa jaminan dalam waktu kurang dari 20 jam tanpa tekanan atau tekanan dan hanya 2% bunga

Saya terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya gunakan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, agar orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi ibu yang baik melalui email: christabelloancompany@gmail.com

dan dengan kasih karunia Tuhan dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di nomor whatsApp saya +6283809518424 email: permatabudiwati@gmail.com
dan teman saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya dan bercerita tentang Ms. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ms. Christabel, Anda juga dapat menghubunginya melalui email: (lianmeylady@gmail.com) sekarang,

Yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman bulanan saya yang saya kirimkan langsung ke rekening ibu Christabel. Masih bisa hubungi ibu yang baik, What'sApp Number +15614916019 Atau +13108626660

mohon bijaksana dan semoga Allah membimbing kita semua

Nama saya Budiwati Permata
Nomor whatsapp saya +6283809518424
Pinjaman saya adalah 800 juta
Perusahaan investasi pinjaman Christael Missan
Instagram: Christabel Missan
email: christabelloancompany@gmail.com
Whatsapp nomor +15614916019 dan bisa juga hubungi ibu melalui nomor ini +13108626660

Posting Komentar