Pages


Minggu, 21 April 2013

MANAJEMEN AGRIBISNIS :PROFIL & RUANG LINGKUP pt.nippon indosari corpindo


MANAJEMEN AGRIBISNIS
PROFIL DAN RUANG LINGKUP AGRIBISNIS
PT.NIPPON INDOSARI CORPINDO








Kelompok I :
Batara Dhariyanto                105040107111002
Susi Susanti                            115040100111024
Syafaatin N                            115040101111019
Ivana Novitasari                    115040101111180
Kezia Febrina N                    115040100111113




PROGAM STUDI AGRIBISNIS
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG
2013


BAB I
PENDAHULUAN


BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Profil Perusahaan dan Ruang lingkup usahanya
2.1.1 Profil Perusahaan
PT.NIPPON INDOSARI CORPINDO merupakan perusahaan perseroan terbatas yang bergerak dalam bidang industry makanan khususnya bakery. Perseroan ini memiliki kapasitas produksi awal sebesar 3,138 ton/tahun. Setelah proses konstruksi dan instalasi pabrik yang selesai pada bulan September 1996, perseroan memulai kegiatan produksinya dengan terlebih dahulu melakukan tes pasar pada bulan Oktober 1996 di mana saat itu diperkenalkan satu jenis roti tawar serta tiga jenis roti manis, dalam kemasan yang masih sederhana. Setelah tiga bulan melakaukan riset pasar, maka pada bulan Januari 1997 diluncurkan kemasan perdana Sari Roti dengan desain yang diharapkan dapat lebih menarik perhatian konsumen.
Dengan sasaran utama wanita karir dan ibu rumah tangga, perubahan skala industri bakeri diharapkan dapat lebih meningkatkan mutu produk bakeri yang dihasilkan. Dari industri tradisional yang terkadang kurang higienis, pengemasan yang kurang menarik, serta tidak adanya jaminan pangan halal, dan menggunakan teknologi tradisional, menjadi produk berteknologi tinggi dengan kemasan yang menarik dan terjamin kehalalan serta higienitas produknya. Untuk lebih meningkatkan pemasaran dan nilai jual produk, maka dikembangkan pula beberapa variasi produk yang tetap mengacu pada mutu interasional, namun dengan tidak meninggalkan cita rasa lokal. Pada bulan Januari 2001, diluncurkan pula merek dagang Boti dengan berbagai variasinya, dengan tujuan untuk memperluas pasar dan mencapai konsumen pada tingkat menengah ke bawah. Saat ini produk yang dipasarkan terdiri dari sekitar 8 jenis produk roti tawar dan lebih dari 15 jenis roti manis.
Dengan misi untuk mejadi produsen produk bakeri terbesar di Indonesia, perseroan ini telah mengalami kemajuan pesat dari segi penjualan. Hal tersebut didukung pula oleh peningkatan jumlah outlet pemasaran produk serta armada distribusi yang diharapkan dapat memperluas jangkauan distribusi produk. Peningkatan produk ini harus diimbangi pula dengan tetap terjaganya mutu produk yang sampai di konsumen. Untuk itu diperlukan pula adanya pengawasan yang ketat terhadap kualiatas bahan baku produk serta tetap terjaga kehalalan, kesehatan, dan higienitas dari produk yang dihasilkan, karena merupakan jaminan terhadap kepuasan pelanggan.

2.1.2 Ruang Lingkup Usaha

Ruang lingkup usaha dari PT Nippon Indosari Corpindo, adalah dalam bidang industri produk bakery. PT Nippon Indosari Corpindo, Tbk. adalah perusahaan manufaktur roti pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi modern dari Jepang di dalam proses produksinya dan secara kontinu memproduksi roti dengan kualitas tinggi yang halal, sehat, dan higienis, yaitu produk Sari Roti dan Sari Cake. Perusahaan ini memiliki kapasitas produksi awal sebesar 3138 ton roti/tahun dan memproduksi 33 jenis produk, yaitu beberapa variasi produk roti.
Produk-produk yangdihasilkan oleh PT Nippon Indosari Corpindo, Tbk. dapat dilihat pada Tabel



























2.2 Sejarah Perusahaan

Perusahaan yang berada di balik merek dagang Sari Roti adalah PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. Perusahaan ini ternyata belum cukup lama berdiri. Tepatnya pada 1995 lalu dan baru memulai memasarkan produknya pada kuartal ketiga di tahun 1996.
Sama seperti perusahaan lain, perusahaan Sari Roti juga bermula dari perusahaan kecil berskala home industri. Beberapa tahun setelah memasarkan produknya, Sari Roti mulai mendapatkan sambutan baik dari masyarakat. Baru pada akhir tahun 1996 perusahaan ini mendirikan pabrik pertamanya di yang berlokasi di Cikarang , Bekasi, Jawa Barat dan beroperasi secara komersil untuk pertama kalinya pada tahun 1997 dengan merk dagang SARI ROTI.
Dengan perkembangannya yang pesat dan untuk memenuhi permintaan konsumen yang semakin meningkat padsa produk sari roti,  Perseroan mengembangkan usahanya dengan mendirikan pabrik di Pasuruan pada tahun 2005. Pabrik Sari Roti cabang Pasuruan ini memiliki
tiga line untuk memenuhi pasokan roti ke wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah serta Bali.
Perkembangan terus terjadi pada perusahaan ini. Pabriknya yang ketiga pun didirikan. Kali ini, lokasinya dekat dengan pabrik Sari Roti yang pertama, yaitu berada di kawasan industri Jababeka Bekasi.
Pembangunan pabrik-pabrik Sari Roti tidak berhenti di Pulau Jawa. Untuk memudahkan proses distribusi ke seluruh Indonesia ,Nippon Indosari kembali membuka pabriknya di pulau sumatera tepatnya di medan dan Palembang dan di pulau Sulawesi tapatnya di kota makasar
Pada tahun 2006 Perseroan mendapatkan sertifikat HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) yaitu sertifikat jaminan keamanan pangan sebagai bukti komitmen Perseroan dalam mengedepankan prinsip 3H (Halal, Healthy, Hygienic) pada setiap produk Sari Roti. Selain itu, seluruh produk Sari Roti telah terdaftar melalui Badan BPOM Indonesia dan memperoleh sertifikat Halal yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia.
Sebagai produsen roti terbesar di Indonesia Perseroan telah meraih beragam penghargaan, antara lain Top Brand dan Top Brand for Kids sejak 2009 hingga sekarang, Marketing Award 2010, Original Brand 2010, Investor Award 2012, hingga penghargaan dari Forbes Asia.



2.3 Visi dan Misi Perusahaan

Visi PT Nippon Indosari Corpindo adalah “Menjadi perusahaan terbesar di Indonesia dalam bidang bakeri products dengan menghasilkan dan mendistribusikan produk-produk bermutu tinggi dengan harga yang terjangkau bagi rakyat Indonesia”. Untuk mencapai visi tersebut, perusahaan memiliki misi, yaitu : membantu meningkatkan mutu hidup bangsa Indonesia dengan memproduksi dan mendistribusikan makanan yang bermutu tinggi, sehat, halal, dan aman bagi pelanggan.
PT Nippon Indosari Corpindo Tbk mempunyai tanggung jawab untuk menerapkan suatu
kebijakan mutu yang menjadi kebijakan perusahaan. Perusahaan mengikrarkan bersama untuk dapat dipahami, diterapkan, dan dipelihara oleh seluruh karyawan, yang merupakan suatu gagasan untuk menghasilkan produk yang bermutu sesuai dengan harapan serta kebutuhan pelanggan. Perusahaan senantiasa menghasilkan produk yang bermutu tinggi, sehat, halal, dan aman untuk dikonsumsi dalam rangka pencapaian visi dan misi perusahaan melalui penerapan Good Manufacturing Practices (GMP), Sanitation Standard Operating Procedures (SSOP), Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP), dan Sistem Jaminan Halal (SJH) sehingga dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan. Menggalang partisipasi aktif dan positif seluruh karyawan dalam rangka memelihara, mengembangkan, dan meningkatkan mutu kerja secara berkelanjutan.


BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
PT.NIPPON INDOSARI CORPINDO merupakan perusahaan perseroan terbatas yang bergerak dalam bidang industry makanan khususnya bakery. Dengan misi dan misi untuk mejadi produsen produk bakeri terbesar di Indonesia, perseroan ini telah mengalami kemajuan pesat dari segi penjualan.Sehingga perusahaan mempunyai tanggung jawab untuk menerapkan suatu kebijakan mutu yang menjadi kebijakan perusahaan untuk menghasilkan produk yang bermutu sesuai dengan harapan serta kebutuhan pelanggan.


DAFTAR PUSTAKA
Anonymous.2013.SARI ROTI.www.sariroti.com 

0 komentar:

Posting Komentar