Minggu, 21 April 2013
MANAJEMEN AGRIBISNIS :PROFIL & RUANG LINGKUP pt.nippon indosari corpindo
MANAJEMEN AGRIBISNIS
PROFIL DAN RUANG LINGKUP AGRIBISNIS
PT.NIPPON INDOSARI CORPINDO
Kelompok I :
Batara Dhariyanto 105040107111002
Susi Susanti 115040100111024
Syafaatin N 115040101111019
Ivana Novitasari 115040101111180
Kezia Febrina N 115040100111113
PROGAM STUDI AGRIBISNIS
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG
2013
BAB I
PENDAHULUAN
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Profil Perusahaan dan Ruang lingkup usahanya
2.1.1 Profil Perusahaan
PT.NIPPON
INDOSARI CORPINDO merupakan perusahaan perseroan terbatas yang bergerak dalam
bidang industry makanan khususnya bakery. Perseroan ini memiliki kapasitas
produksi awal sebesar 3,138 ton/tahun. Setelah proses konstruksi dan instalasi
pabrik yang selesai pada bulan September 1996, perseroan memulai kegiatan
produksinya dengan terlebih dahulu melakukan tes pasar pada bulan Oktober 1996
di mana saat itu diperkenalkan satu jenis roti tawar serta tiga jenis roti
manis, dalam kemasan yang masih sederhana. Setelah tiga bulan melakaukan riset
pasar, maka pada bulan Januari 1997 diluncurkan kemasan perdana Sari Roti
dengan desain yang diharapkan dapat lebih menarik perhatian konsumen.
Dengan
sasaran utama wanita karir dan ibu rumah tangga, perubahan skala industri
bakeri diharapkan dapat lebih meningkatkan mutu produk bakeri yang dihasilkan.
Dari industri tradisional yang terkadang kurang higienis, pengemasan yang
kurang menarik, serta tidak adanya jaminan pangan halal, dan menggunakan
teknologi tradisional, menjadi produk berteknologi tinggi dengan kemasan yang
menarik dan terjamin kehalalan serta higienitas produknya. Untuk lebih
meningkatkan pemasaran dan nilai jual produk, maka dikembangkan pula beberapa
variasi produk yang tetap mengacu pada mutu interasional, namun dengan tidak
meninggalkan cita rasa lokal. Pada bulan Januari 2001, diluncurkan pula merek
dagang Boti dengan berbagai variasinya, dengan tujuan untuk memperluas pasar
dan mencapai konsumen pada tingkat menengah ke bawah. Saat ini produk yang
dipasarkan terdiri dari sekitar 8 jenis produk roti tawar dan lebih dari 15
jenis roti manis.
Dengan
misi untuk mejadi produsen produk bakeri terbesar di Indonesia, perseroan ini
telah mengalami kemajuan pesat dari segi penjualan. Hal tersebut didukung pula
oleh peningkatan jumlah outlet pemasaran produk serta armada distribusi
yang diharapkan dapat memperluas jangkauan distribusi produk. Peningkatan
produk ini harus diimbangi pula dengan tetap terjaganya mutu produk yang sampai
di konsumen. Untuk itu diperlukan pula adanya pengawasan yang ketat terhadap kualiatas
bahan baku produk serta tetap terjaga kehalalan, kesehatan, dan higienitas dari
produk yang dihasilkan, karena merupakan jaminan terhadap kepuasan pelanggan.
2.1.2
Ruang Lingkup Usaha
Ruang
lingkup usaha dari PT Nippon Indosari Corpindo, adalah dalam bidang industri
produk bakery. PT Nippon Indosari Corpindo, Tbk. adalah perusahaan
manufaktur roti pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi modern dari
Jepang di dalam proses produksinya dan secara kontinu memproduksi roti dengan
kualitas tinggi yang halal, sehat, dan higienis, yaitu produk Sari Roti dan
Sari Cake. Perusahaan ini memiliki kapasitas produksi awal sebesar 3138 ton
roti/tahun dan memproduksi 33 jenis produk, yaitu beberapa variasi produk roti.
Produk-produk
yangdihasilkan oleh PT Nippon Indosari Corpindo, Tbk. dapat dilihat pada Tabel
2.2 Sejarah Perusahaan
Perusahaan yang berada di balik merek dagang Sari
Roti adalah PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. Perusahaan ini ternyata belum
cukup lama berdiri. Tepatnya pada 1995 lalu dan baru memulai memasarkan
produknya pada kuartal ketiga di tahun 1996.
Sama seperti perusahaan lain, perusahaan Sari Roti
juga bermula dari perusahaan kecil berskala home industri. Beberapa tahun
setelah memasarkan produknya, Sari Roti mulai mendapatkan sambutan baik dari
masyarakat. Baru pada akhir tahun 1996 perusahaan ini mendirikan pabrik
pertamanya di yang berlokasi di Cikarang , Bekasi, Jawa Barat dan beroperasi
secara komersil untuk pertama kalinya pada tahun 1997 dengan merk dagang SARI
ROTI.
Dengan perkembangannya yang pesat dan untuk memenuhi
permintaan konsumen yang semakin meningkat padsa produk sari roti, Perseroan
mengembangkan usahanya dengan mendirikan pabrik di Pasuruan pada tahun 2005.
Pabrik Sari Roti cabang Pasuruan ini memiliki
tiga
line untuk memenuhi pasokan roti ke wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah serta Bali.
Perkembangan terus terjadi pada perusahaan ini.
Pabriknya yang ketiga pun didirikan. Kali ini, lokasinya dekat dengan pabrik
Sari Roti yang pertama, yaitu berada di kawasan industri Jababeka Bekasi.
Pembangunan pabrik-pabrik Sari Roti tidak berhenti
di Pulau Jawa. Untuk memudahkan proses distribusi ke seluruh Indonesia ,Nippon
Indosari kembali membuka pabriknya di pulau sumatera tepatnya di medan dan Palembang
dan di pulau Sulawesi tapatnya di kota makasar
Pada tahun 2006
Perseroan mendapatkan sertifikat HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point)
yaitu sertifikat jaminan keamanan pangan sebagai bukti komitmen Perseroan dalam
mengedepankan prinsip 3H (Halal, Healthy, Hygienic) pada setiap produk Sari
Roti. Selain itu, seluruh produk Sari Roti telah terdaftar melalui Badan BPOM
Indonesia dan memperoleh sertifikat Halal yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama
Indonesia.
Sebagai produsen roti
terbesar di Indonesia Perseroan telah meraih beragam penghargaan, antara lain
Top Brand dan Top Brand for Kids sejak 2009 hingga sekarang, Marketing Award
2010, Original Brand 2010, Investor Award 2012, hingga penghargaan dari Forbes
Asia.
2.3 Visi dan Misi Perusahaan
Visi PT Nippon Indosari
Corpindo adalah “Menjadi perusahaan terbesar di Indonesia dalam bidang bakeri products
dengan menghasilkan dan mendistribusikan produk-produk bermutu tinggi
dengan harga yang terjangkau bagi rakyat Indonesia”. Untuk mencapai visi tersebut,
perusahaan memiliki misi, yaitu : membantu meningkatkan mutu hidup bangsa
Indonesia dengan memproduksi dan mendistribusikan makanan yang bermutu tinggi,
sehat, halal, dan aman bagi pelanggan.
PT Nippon Indosari
Corpindo Tbk mempunyai tanggung jawab untuk menerapkan suatu
kebijakan mutu yang menjadi kebijakan perusahaan.
Perusahaan mengikrarkan bersama untuk dapat dipahami, diterapkan, dan
dipelihara oleh seluruh karyawan, yang merupakan suatu gagasan untuk menghasilkan
produk yang bermutu sesuai dengan harapan serta kebutuhan pelanggan. Perusahaan
senantiasa menghasilkan produk yang bermutu tinggi, sehat, halal, dan aman
untuk dikonsumsi dalam rangka pencapaian visi dan misi perusahaan melalui
penerapan Good Manufacturing Practices (GMP), Sanitation Standard
Operating Procedures (SSOP), Hazard Analysis and Critical Control Point
(HACCP), dan Sistem Jaminan Halal (SJH) sehingga dapat memberikan kepuasan
kepada pelanggan. Menggalang partisipasi aktif dan positif seluruh karyawan
dalam rangka memelihara, mengembangkan, dan meningkatkan mutu kerja secara
berkelanjutan.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
PT.NIPPON INDOSARI CORPINDO merupakan perusahaan
perseroan terbatas yang bergerak dalam bidang industry makanan khususnya
bakery. Dengan misi dan misi untuk mejadi produsen produk bakeri terbesar di
Indonesia, perseroan ini telah mengalami kemajuan pesat dari segi penjualan.Sehingga
perusahaan mempunyai tanggung
jawab untuk menerapkan suatu kebijakan mutu yang menjadi kebijakan perusahaan untuk
menghasilkan produk yang bermutu sesuai dengan harapan serta kebutuhan
pelanggan.
DAFTAR
PUSTAKA
Anonymous.2013.SARI
ROTI.www.sariroti.com
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar