Pages


Minggu, 24 Februari 2013

MAKALAH : ANATOMI RANCANGAN USAHA AGRIBISNIS


TUGAS TERSTUKTUR
RANCANGAN USAHA AGRIBISNIS
“ANATOMI RANCANGAN USAHA AGRIBISNIS”

 

Oleh:
1.     Tarina Elsanti              115040100111013
2.     Susi Susanti                115040100111024
3.     Sony Laksono             115040100111047
4.     Vivit Amdrianingsih    115040101111095
5.     Suaibatul Miskiyah     115040101111179
Kelompok 2                   Kelas K

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG
2013

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Anatomi (berasal dari bahasa Yunani yaitu: anatomia yang berarti memotong) adalah cabang dari bioligi yang berhubngan dengan struktur dan organisasi dari makhluk hidup. Anatami rancangan usaha berarti strktur dalam menyusun suatu rencana uasaha. Adapun anatomi rancanagn usaha terdiri dari: diskripsi perusahaan dan produk, rancangn pemasaran, manajemen dan organisasi, struktur modal serta keuangan dan rancana pendanaa.
Di Indonesia kini mulai banyak berdiri usaha-usaha mulai dari usaha kecil, menengah hingga usaha yang besar. Tentu saja untuk memulai suatu usaha dibuytuhkan sutatu perencanaan yang matang agar usaha dapat dilaksanakan dengan baik. Menurut Hendro dan Chandra (2006), di dalam merencanakan sebuah bisnis, setiap pengusaha sebaiknya menulis rencana bisnis (business plan). Rancana bisnis merupakan outline tujuan dan  sasaran, rencana tindakan, bagaimana unit bisnis mencapai rencana tersebut. Business plan yang baik harus mengandung informasi-informasi yang diperlukan pihak-pihak terkait sehubungan dengan kepentingan bisnisnya dalam rangka mengambil sebuah keputusan yang strategis.
Konsep bisnis dan posisi unit bisnis di dalam industri merupakan rasionalisasi penetapan tujuan bisnis yang tertuang dalam visi, misi dan tujuan unit bisnis. Visi bisnis menjawab pertanyaan what business are you in? Where your business will go and why? Sedangkan misi menyatakan bagaimana unit bisnis dapat mencapai visinya. Pada tahapan selanjutnya misi unit bisnis diterjemahkan menjadi tujuan unit bisnis secara spesifik, terukur, achieveable, reasonable dan memiliki time frame yang jelas.
 Oleh karena itu, dalam makalah ini akan diuraikan secara spesifik susunan company profile unit business yang nantinya akan digunakan sebagai deskripsi unit bisnis pada business plan.

1.2  Tujuan
Tujuan dari peyusunan makalan ini diuraikain sebagai berikut:
1.      Agar mampu menentukan company profile unit bisnis rujukan sebagai benchmark proses.
2.      Agar mampu menyusun draft company profile unit bisnis sebagai deskripsi unit bisnis pada business plan.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Profil Perusahaan Rujukan
Ingat tokoh kartun asal Jepang, Doraemon pasti juga ingat dengan makanan favoritnya, dorayaki. Makanan berbahan dasar tepung, mentega, susu, dan telur yang diisi dengan ogura (kacang merah) itu sekarang juga ada di Malang.
Di tangan Ibu Dani, makanan yang sekilas mirip martabak manis ini dikreasikan dengan berbagai macam varian rasa. Diantaranya, vanilla, durian, blueberry, serta yang menjadi favorit dokazu (dorayaki kacang susu). Bagi Anda pencinta coklat dan keju pun tak perlu khawatir, rasa ini juga tersedia. Uniknya, ada pula dorayaki yang berisi greentea.
Ibu Dani mengatakan istimewanya dorayaki yang dirintis tahun 2007 ini adalah tidak digunakannya bahan pemanis, pengawet, dan pengembang. Sehingga, adonan dorayaki dijamin fresh setiap harinya.
Jajanan yang diberi label Kaf’s Dorayaki ini bisa dibeli di Jl. Gajayana 14 Malang tiap hari mulai pukul 10.00. Atau bisa pula didapat di cabangnya, depan kampus pascasarjana UB dan depan SMKN 2 Malang.
Harga yang terjangkau yaitu 1500-2000 rupiah membuat dorayaki sangat diminati oleh kalangan muda, khususnya anak SMA. Seperti yang diungkapkan oleh Midah, siswi SMKN 3 Malang yang sebelum pulang ke rumah sering menyempatkan diri untuk membeli dorayaki. “Rasanya enak, isinya macem-macem, harganya juga murah,” ujarnya.
Bagi Anda yang tak ingin antri, Anda bisa memesannya terlebih dahulu dengan menelepon ke (0341) 571749.

2.2  Company Profile Unit Bisnis
2.2.1     Deskripsi Perusahaan
Doraemon merupakan perusahaan yang jika dilihat dari segi bidang usaha merupaka jenis perusahaan produksi. Sedangkan bentuk perusahaannya adalah perusahaan perseorangan yang kepemilikannya dimiliki oleh satu orang.
Alamat Doraemon terletak di Jalan Gajayana 20 Malang belakang Universitas Brawijaya. Doraemon buka mulai dari pukul 09.00 s.d. 21.00 WIB setiap harinya. Agar Doraemon dapat terus berjalan dengan baik, maka pelanggan juga dapat mengirimkan segala kritik dan saran melalui e-mail yaitu Doraemon@yahoo.com atau melalui telepon/sms ke no 085746963211. Pelanggan juga dapat melihat info-info Doraemon melalui facebook Doraemon atau twitter @Doraemon.
2.2.2     Visi Misi
Visi Doraemon adalah selalu memprioritaskan mutu dan kualitas produk olahan untuk memberikan kepusan optimal bagi pelanggan.
Sedangkan misi Doraemon adalah meningkatkan kebersihan dan kesegaran produk olahan agar menjaga kesehatan pelanggan.
2.2.3     Deskripsi Produk
Produk yang ditawarkan dari Doraemon adalah Doraemon ( Dorayaki Kacang Emoticon) dan minuman Es Serut Konde (Es Serut Kacang Ronde).
Doraemon merupakan bentuk kreasi dari dorayaki yang dicampur dengan kacang halus dan berisi pasta kacang dengan bentu seperti emoticon. Prosen pembuatan Doraemon ini sama seperti pada proses pembuatan dorayaki pada umunya. Hanya saja adonan dorayaki dicampur dengan kacang halus dengan perbandingan 2:1. Kemudian untuk isinya diberi pasta kacang yang diolah sendiri dengan variasi rasa seperti pasta kacang vanila dan pasta kacang coklat. Setelah proses pemasakan, Doraemon diberi motif dengan aneka macam ekspresi wajah, seperti wajah senang, marah, sedih dan cemberut. Harga untuk setiap Doraemon cukup murah yaitu Rp 2.500,00.
Untuk Es Serut Konde ini terinspirasi dari minuman ronde yang biasanya disajikan dalam bentuk minuman hangat. Es Serut Konde dibuat dari campuran tepung sagu dan tepung beras yang debentuk bulat-bulat dengan aneka warna seperti merah muda, hijau muda dan kuning dengan isi tumbukan kacang tanah yang dicampuri gula. Kemudian bola-bola ini disajikan dengan kuah dari sari jahe yang diberi larutan gula dan ditambahkan serutan es. Harga untuk setiap porsi minuman ini cukup terjangkau yaitu Rp 4.000,00.
2.2.4     Struktur Organisasi
Doraemon dijalankan oleh tenaga-tenaga kerja profesioanal dengan pimpinan tertinggi adalah direktur perusahaan yang dibantu oleh manajer-manajer ahli yaitu manajer keuangan, manajer pemasaran, manajer produksi dan manajer sumber daya manusia. Struktur organisani dapat ditunjukkan oleh gambar bagan berikut.




Gambar 1. Bagan Struktur Organisasi Doraemon
Jabatan direktur dipegang oleh Sony Laksono yang bertanggung jawab dalam mengontrol jalannya perusahaan, mengatasi permasalahan perusahaan, serta mengevaluasi segala kepentingan dalam perusahaan. Tugas manajer-manajer yang ada dapat dijelaskan sebagai berikut:
·         Manajer keuangan
Jabatan manajer keuangan dipegang oleh Vivit .A. yang bertanggung jawan atas segala keuangan dan rencana pendanaan perusahaan. Segala aktivitas keluar masukknya dana perusahaan dicatat dan dikelola untuk dilaporkan kepada direktur.
·         Manajer produksi
Manajer produksi dijabat oleh Tarina .E. yang bertanggung atas proses produksi produk mulai dari penentuan bahan baku dan bahan penolong yang digunakan, serta bertanggung jawab untuk menjaga kualitas prouduk yang dihasilkan.
·         Manajer SDM
Manajer SDM dijabat oleh Susi Susanti yang menangani segala kegiatan pembagian, pengawasan dan penjaringan karyawan dalam menjaga pelayanan terhadap pelanggan.
·         Manajer pemasaran
Jabatan manajer pemasaean dipegang oleh Suaibatul .M. yang bertugas dalam pengenalan dan promosi produk kepada masyarakat guna mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya.
2.2.5     Pemasaran Produk
Dalam memasarkan produk, perlu pertimbangan dan perencanaan secara matang. Untuk itu Doraemon menggunakan segmentasi pasar yang terdiri dari 4p yaitu place,product, price and promotion.
·         Place
Tempat yang dipilih adalah tempat penjualan yang strategis dan mudah dijangkau dengan banyaknya sarana transportasi umum yang membantu pelanggan yang tidak memiliki kendaraan pribadi. Selain itu lingungan penjualan cukup bersih sehingga pelanggan akan merasa lebih nyaman.
·         Product
Produk yang diwarkan menarik. Dengan rasa yang unik dan juga rasa yang enak akan membuat pelanggan merasa puas. Pemilihan nama yang lucu dan komersial membuat pelanggan akan memunculka minat konsumen untuk mencoba.
·         Price
Harga yang ditawarkan relatif murah dan sesuai dengan kantong konsumen. Sehingga konsumen tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menikmati produk yang diwarakan. Mulai dari pelajar hingga semua kalangan dapat membeli produk ini tanpa ada perasaan kuatir tentang harga yang diwarkan.
·         Promition
Promosi yang dilakukan yaitu dengan menyebarkan brosur-brosur ke berbagai lokasi. Tidak lupa dengan memanfaatkan jejaringan yang kini tengah marak dikalangan masyarakat seperti facebook dan twitter. Selain itu juga ada diskon dan tawaran menarik yang diberikan bagi pelanggan.
2.2.6     Layout Perusahaan
Berikut ini petunjuk lokasi dan gambaran konsep perusahaan yang disajikan sebagai berikut.





Gambar 2. Pentunjuk Lokasi Perusahaan




Gambar 3. Gambaran Konsep Tata Ruang Perusahaan



BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Doraemon merupakan perusahaan perseorangan yang bergerak pada perusahaan kuliner (makan atau minuman). Produk yang ditawarkan produk kreasi yang unik dan menarik dengan harga yang relatif terjangkau bagi masyarakat. Lokasi perusahaan juga strategis mudah ditemui dan juga terdapat kendaraan umum yang melinta

DAFTAR PUSTAKA

Indrie. 2012. Dorayaki Juga ada dimalang. www.urusanperut912.blogspot.com. Diakses tanggal 19 Pebruari 2013.
Maulidah, Silvana. 2012. Modul 2 Anatomi Rancangan Usaha Agribisnis. Program Studi Agribisnis FP UB. Malang.

0 komentar:

Posting Komentar