Minggu, 24 Februari 2013
MAKALAH : ANATOMI RANCANGAN USAHA AGRIBISNIS
TUGAS
TERSTUKTUR
RANCANGAN
USAHA AGRIBISNIS
“ANATOMI
RANCANGAN USAHA AGRIBISNIS”
Oleh:
1.
Tarina
Elsanti 115040100111013
2.
Susi
Susanti 115040100111024
3.
Sony
Laksono 115040100111047
4.
Vivit
Amdrianingsih 115040101111095
5.
Suaibatul
Miskiyah 115040101111179
Kelompok 2 Kelas K
PROGRAM
STUDI AGRIBISNIS
FAKULTAS
PERTANIAN
UNIVERSITAS
BRAWIJAYA
MALANG
2013
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Anatomi
(berasal dari bahasa Yunani yaitu: anatomia yang berarti memotong) adalah
cabang dari bioligi yang berhubngan dengan struktur dan organisasi dari makhluk
hidup. Anatami rancangan usaha berarti strktur dalam menyusun suatu rencana
uasaha. Adapun anatomi rancanagn usaha terdiri dari: diskripsi perusahaan dan
produk, rancangn pemasaran, manajemen dan organisasi, struktur modal serta
keuangan dan rancana pendanaa.
Di
Indonesia kini mulai banyak berdiri usaha-usaha mulai dari usaha kecil,
menengah hingga usaha yang besar. Tentu saja untuk memulai suatu usaha
dibuytuhkan sutatu perencanaan yang matang agar usaha dapat dilaksanakan dengan
baik. Menurut Hendro dan Chandra (2006), di dalam merencanakan sebuah bisnis,
setiap pengusaha sebaiknya menulis rencana bisnis (business plan). Rancana bisnis merupakan outline tujuan dan sasaran,
rencana tindakan, bagaimana unit bisnis mencapai rencana tersebut. Business plan yang baik harus mengandung
informasi-informasi yang diperlukan pihak-pihak terkait sehubungan dengan
kepentingan bisnisnya dalam rangka mengambil sebuah keputusan yang strategis.
Konsep
bisnis dan posisi unit bisnis di dalam industri merupakan rasionalisasi
penetapan tujuan bisnis yang tertuang dalam visi, misi dan tujuan unit bisnis.
Visi bisnis menjawab pertanyaan what
business are you in? Where your business will go and why? Sedangkan misi
menyatakan bagaimana unit bisnis dapat mencapai visinya. Pada tahapan
selanjutnya misi unit bisnis diterjemahkan menjadi tujuan unit bisnis secara
spesifik, terukur, achieveable,
reasonable dan memiliki time frame
yang jelas.
Oleh karena itu, dalam makalah ini akan
diuraikan secara spesifik susunan company
profile unit business yang nantinya akan digunakan sebagai deskripsi unit
bisnis pada business plan.
1.2 Tujuan
Tujuan
dari peyusunan makalan ini diuraikain sebagai berikut:
1.
Agar
mampu menentukan company profile unit
bisnis rujukan sebagai benchmark proses.
2.
Agar
mampu menyusun draft company profile
unit bisnis sebagai deskripsi unit bisnis pada business plan.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Profil
Perusahaan Rujukan
Ingat tokoh kartun asal Jepang,
Doraemon pasti juga ingat dengan makanan favoritnya, dorayaki. Makanan berbahan
dasar tepung, mentega, susu, dan telur yang diisi dengan ogura (kacang merah)
itu sekarang juga ada di Malang.
Di tangan Ibu Dani, makanan yang
sekilas mirip martabak manis ini dikreasikan dengan berbagai macam varian rasa.
Diantaranya, vanilla, durian, blueberry, serta yang menjadi favorit dokazu
(dorayaki kacang susu). Bagi Anda pencinta coklat dan keju pun tak perlu
khawatir, rasa ini juga tersedia. Uniknya, ada pula dorayaki yang berisi
greentea.
Ibu Dani mengatakan istimewanya
dorayaki yang dirintis tahun 2007 ini adalah tidak digunakannya bahan pemanis,
pengawet, dan pengembang. Sehingga, adonan dorayaki dijamin fresh setiap
harinya.
Jajanan yang diberi label Kaf’s
Dorayaki ini bisa dibeli di Jl. Gajayana 14 Malang tiap hari mulai pukul 10.00.
Atau bisa pula didapat di cabangnya, depan kampus pascasarjana UB dan depan
SMKN 2 Malang.
Harga yang terjangkau yaitu
1500-2000 rupiah membuat dorayaki sangat diminati oleh kalangan muda, khususnya
anak SMA. Seperti yang diungkapkan oleh Midah, siswi SMKN 3 Malang yang sebelum
pulang ke rumah sering menyempatkan diri untuk membeli dorayaki. “Rasanya enak,
isinya macem-macem, harganya juga murah,” ujarnya.
Bagi Anda yang tak ingin antri, Anda
bisa memesannya terlebih dahulu dengan menelepon ke (0341) 571749.
2.2 Company Profile Unit
Bisnis
2.2.1
Deskripsi
Perusahaan
Doraemon
merupakan perusahaan yang jika dilihat dari segi bidang usaha merupaka jenis
perusahaan produksi. Sedangkan bentuk perusahaannya adalah perusahaan perseorangan
yang kepemilikannya dimiliki oleh satu orang.
Alamat
Doraemon terletak di Jalan Gajayana 20 Malang belakang Universitas Brawijaya. Doraemon
buka mulai dari pukul 09.00 s.d. 21.00 WIB setiap harinya. Agar Doraemon dapat
terus berjalan dengan baik, maka pelanggan juga dapat mengirimkan segala kritik
dan saran melalui e-mail yaitu Doraemon@yahoo.com atau melalui telepon/sms ke
no 085746963211. Pelanggan juga dapat melihat info-info Doraemon melalui facebook Doraemon atau twitter @Doraemon.
2.2.2
Visi
Misi
Visi
Doraemon adalah selalu memprioritaskan mutu dan kualitas produk olahan untuk
memberikan kepusan optimal bagi pelanggan.
Sedangkan
misi Doraemon adalah meningkatkan kebersihan dan kesegaran produk olahan agar
menjaga kesehatan pelanggan.
2.2.3
Deskripsi
Produk
Produk
yang ditawarkan dari Doraemon adalah Doraemon ( Dorayaki Kacang Emoticon) dan
minuman Es Serut Konde (Es Serut Kacang Ronde).
Doraemon
merupakan bentuk kreasi dari dorayaki yang dicampur dengan kacang halus dan
berisi pasta kacang dengan bentu seperti emoticon. Prosen pembuatan Doraemon
ini sama seperti pada proses pembuatan dorayaki pada umunya. Hanya saja adonan
dorayaki dicampur dengan kacang halus dengan perbandingan 2:1. Kemudian untuk
isinya diberi pasta kacang yang diolah sendiri dengan variasi rasa seperti
pasta kacang vanila dan pasta kacang coklat. Setelah proses pemasakan, Doraemon
diberi motif dengan aneka macam ekspresi wajah, seperti wajah senang, marah,
sedih dan cemberut. Harga untuk setiap Doraemon cukup murah yaitu Rp 2.500,00.
Untuk
Es Serut Konde ini terinspirasi dari minuman ronde yang biasanya disajikan
dalam bentuk minuman hangat. Es Serut Konde dibuat dari campuran tepung sagu
dan tepung beras yang debentuk bulat-bulat dengan aneka warna seperti merah
muda, hijau muda dan kuning dengan isi tumbukan kacang tanah yang dicampuri
gula. Kemudian bola-bola ini disajikan dengan kuah dari sari jahe yang diberi
larutan gula dan ditambahkan serutan es. Harga untuk setiap porsi minuman ini
cukup terjangkau yaitu Rp 4.000,00.
2.2.4
Struktur
Organisasi
Doraemon
dijalankan oleh tenaga-tenaga kerja profesioanal dengan pimpinan tertinggi
adalah direktur perusahaan yang dibantu oleh manajer-manajer ahli yaitu manajer
keuangan, manajer pemasaran, manajer produksi dan manajer sumber daya manusia.
Struktur organisani dapat ditunjukkan oleh gambar bagan berikut.
Gambar
1. Bagan Struktur Organisasi Doraemon
Jabatan
direktur dipegang oleh Sony Laksono yang bertanggung jawab dalam mengontrol
jalannya perusahaan, mengatasi permasalahan perusahaan, serta mengevaluasi
segala kepentingan dalam perusahaan. Tugas manajer-manajer yang ada dapat
dijelaskan sebagai berikut:
·
Manajer
keuangan
Jabatan
manajer keuangan dipegang oleh Vivit .A. yang bertanggung jawan atas segala
keuangan dan rencana pendanaan perusahaan. Segala aktivitas keluar masukknya
dana perusahaan dicatat dan dikelola untuk dilaporkan kepada direktur.
·
Manajer
produksi
Manajer
produksi dijabat oleh Tarina .E. yang bertanggung atas proses produksi produk
mulai dari penentuan bahan baku dan bahan penolong yang digunakan, serta
bertanggung jawab untuk menjaga kualitas prouduk yang dihasilkan.
·
Manajer
SDM
Manajer
SDM dijabat oleh Susi Susanti yang menangani segala kegiatan pembagian,
pengawasan dan penjaringan karyawan dalam menjaga pelayanan terhadap pelanggan.
·
Manajer
pemasaran
Jabatan
manajer pemasaean dipegang oleh Suaibatul .M. yang bertugas dalam pengenalan
dan promosi produk kepada masyarakat guna mendapatkan pelanggan
sebanyak-banyaknya.
2.2.5
Pemasaran
Produk
Dalam
memasarkan produk, perlu pertimbangan dan perencanaan secara matang. Untuk itu Doraemon
menggunakan segmentasi pasar yang terdiri dari 4p yaitu place,product, price
and promotion.
·
Place
Tempat
yang dipilih adalah tempat penjualan yang strategis dan mudah dijangkau dengan
banyaknya sarana transportasi umum yang membantu pelanggan yang tidak memiliki
kendaraan pribadi. Selain itu lingungan penjualan cukup bersih sehingga
pelanggan akan merasa lebih nyaman.
·
Product
Produk
yang diwarkan menarik. Dengan rasa yang unik dan juga rasa yang enak akan
membuat pelanggan merasa puas. Pemilihan nama yang lucu dan komersial membuat
pelanggan akan memunculka minat konsumen untuk mencoba.
·
Price
Harga
yang ditawarkan relatif murah dan sesuai dengan kantong konsumen. Sehingga
konsumen tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menikmati produk yang
diwarakan. Mulai dari pelajar hingga semua kalangan dapat membeli produk ini
tanpa ada perasaan kuatir tentang harga yang diwarkan.
·
Promition
Promosi
yang dilakukan yaitu dengan menyebarkan brosur-brosur ke berbagai lokasi. Tidak
lupa dengan memanfaatkan jejaringan yang kini tengah marak dikalangan
masyarakat seperti facebook dan twitter. Selain itu juga ada diskon dan
tawaran menarik yang diberikan bagi pelanggan.
2.2.6
Layout Perusahaan
Berikut
ini petunjuk lokasi dan gambaran konsep perusahaan yang disajikan sebagai berikut.
Gambar
2. Pentunjuk Lokasi Perusahaan
Gambar
3. Gambaran Konsep Tata Ruang Perusahaan
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Doraemon
merupakan perusahaan perseorangan yang bergerak pada perusahaan kuliner (makan
atau minuman). Produk yang ditawarkan produk kreasi yang unik dan menarik
dengan harga yang relatif terjangkau bagi masyarakat. Lokasi perusahaan juga
strategis mudah ditemui dan juga terdapat kendaraan umum yang melinta
DAFTAR PUSTAKA
Indrie. 2012. Dorayaki Juga ada dimalang. www.urusanperut912.blogspot.com.
Diakses tanggal 19 Pebruari 2013.
Maulidah, Silvana. 2012. Modul 2 Anatomi Rancangan Usaha Agribisnis.
Program Studi Agribisnis FP UB. Malang.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar